Minggu, 08 Desember 2013

Pemakaian IF ELSE dalam Penyelesaian Pembayaran Tagihan Air Minum Menggunakan Visual Basic dot Net




 

Program penyelesaian pembayaran tagihan air minum menggunakan Visual Basic dot Net

Public Class Form1

    Private Sub Label6_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Label6.Click

    End Sub

    Private Sub Form1_Load(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles MyBase.Load
        Kp.Items.Add("PAB-MED-100")
        Kp.Items.Add("TOK-BEL-101")
        Kp.Items.Add("SWA-MED-102")
        Kp.Items.Add("RUM-SIG-103")
        Call rancang_table()
    End Sub

    Private Sub JP_KeyPress1(ByVal sender As Object, ByVal e As System.Windows.Forms.KeyPressEventArgs) Handles JP.KeyPress
        If Asc(e.KeyChar) = 13 Then
            TT.Text = Val(BB.Text) + (HM.Text * JP.Text)
            Pajak.Text = 0.01 * TT.Text
            Pemb.Text = Val(TT.Text) + Val(Pajak.Text)
        End If
    End Sub

    Private Sub Kp_SelectedIndexChanged(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Kp.SelectedIndexChanged
        Dim x As String
        x = Microsoft.VisualBasic.Right(Kp.Text, 3)
        Select Case x
            Case "100"
                Nama.Text = "Lidia Sunarti"
            Case "101"
                Nama.Text = "Afrizal SyahPutra"
            Case "102"
                Nama.Text = "Agnes JessY NovitaUli"
            Case "103"
                Nama.Text = "Maria Naomi"
        End Select
        x = Microsoft.VisualBasic.Left(Kp.Text, 3)
        Select Case x
            Case "TOK"
                HM.Text = 250
                BB.Text = 15000
                Tipe.Text = "Toko"
            Case "RUM"
                HM.Text = 150
                BB.Text = 10000
                Tipe.Text = "Rumah"
            Case "PAB"
                HM.Text = 25000
                BB.Text = 250000
                Tipe.Text = "Pabrik"
            Case "SWA"
                HM.Text = 20000
                BB.Text = 60000
                Tipe.Text = "Swalayan"
        End Select
        x = Microsoft.VisualBasic.Mid(Kp.Text, 5, 3)
        Select Case x
            Case "MED"
                Daerah.Text = "Medan"
            Case "BEL"
                Daerah.Text = "Belawan"
            Case Else
                Daerah.Text = "Sigotom"
        End Select
    End Sub

    Private Sub BtnHapus_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles BtnHapus.Click
        Kp.Text = ""
        Nama.Text = ""
        Tipe.Text = ""
        HM.Text = ""
        JP.Text = ""
        TT.Text = ""
        Pemb.Text = ""
        Daerah.Text = ""
        BB.Text = ""
        Pajak.Text = ""

    End Sub

    Private Sub btnKeluar_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles btnKeluar.Click
        End
    End Sub
    Sub rancang_table()
        With ListView1
            .Columns.Add("Kode pelanggan", 80, HorizontalAlignment.Center)
            .Columns.Add("Nama", 80, HorizontalAlignment.Center)
            .Columns.Add("Tipe", 80, HorizontalAlignment.Center)
            .Columns.Add("Harga M3", 80, HorizontalAlignment.Center)
            .Columns.Add("Jumlah Pemakaian", 80, HorizontalAlignment.Center)
            .Columns.Add("Total Tagihan", 80, HorizontalAlignment.Center)
            .Columns.Add("Pembayaran", 80, HorizontalAlignment.Center)
            .Columns.Add("diskon", 80, HorizontalAlignment.Center)
            .Columns.Add("total bayar", 80, HorizontalAlignment.Center)
            .Columns.Add("pembayaran", 80, HorizontalAlignment.Center)
            .View = View.Details
            .GridLines = True
            .FullRowSelect = True

        End With
    End Sub
    Sub isi_table()
        Dim lst As New ListViewItem
        With lst
            .Text = Kp.Text
            .SubItems.Add(Nama.Text)
            .SubItems.Add(Tipe.Text)
            .SubItems.Add(HM.Text)
            .SubItems.Add(JP.Text)
            .SubItems.Add(TT.Text)
            .SubItems.Add(Pemb.Text)
            .SubItems.Add(Daerah.Text)
            .SubItems.Add(BB.Text)
            .SubItems.Add(Pajak.Text)
        End With
        ListView1.Items.Add(lst)
    End Sub

    Private Sub btnsimpan1_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles btnsimpan1.Click
        Call isi_table()
    End Sub
End Class

Hasilnya....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar