Jumat, 05 Juni 2015

4 LANGKAH MERAWAT KULIT BERMINYAK


4 Langkah Merawat Kulit Berminyak

Kulit berminyak memang membutuhkan banyak perawatan khusus. Karena itulah, tipe kulit satu ini sering kali “dimusuhi” karena dianggap sebagai penyebab berbagai masalah kulit seperti jerawat dan komedo. Tapi, jangan khawatir, jika Anda merawatnya dengan benar, kulit berminyak justru bisa memberikan bonus kulit wajah yang sehat, awet muda, serta bebas kerutan.

Perhatikan Apa yang Anda Makan
Anda mungkin sering mendengar nasihat untuk tidak mengonsumsi cokelat dan gorengan karena dapat membuat kulit semakin berminyak dan berjerawat. Tapi sebenarnya, sampai saat ini belum ada penelitian yang dapat membuktikan hal tersebut. Sebaliknya, mengonsumsi lemon dan kiwi telah terbukti efektif menghasilkan kulit bersih dan bebas masalah. Makanan lain yang juga sebaiknya Anda konsumsi adalah kacang, buncis, dan gandum yang kaya akan vitamin B5 dan B2. Kekurangan vitamin B5 dan B2 akan membuat kulit Anda cenderung berminyak.

Cuci Wajah dengan Air Hangat
Hindari penggunaan air panas untuk membersihkan kulit berminyak. Air panas akan membuat kulit terlalu kering, serta menghilangkan minyak alami yang dihasilkan tubuh. Hasilnya, tubuh akan memproduksi lebih banyak lagi minyak. Hindari juga penggunaan air dingin karena air dingin tidak terlalu efektif dalam menghilangkan kotoran dan minyak dari wajah. Air hangat adalah suhu terbaik untuk Anda yang memiliki kulit berminyak.

Jangan Terlalu Sering Melakukan Pengelupasan
Melakukan scrubbing terlalu sering buruk untuk kulit. Kelenjar minyak akan memproduksi lebih banyak minyak bila merasa kulit terlalu kering. Bahkan, para dokter kulit berpendapat, bahwa mereka dengan tipe kulit berminyak sebaiknya tidak mencuci wajah lebih dari tiga kali dalam sehari.

Bersihkan secara Benar
Cari pembersih wajah yang cocok untuk kulit berminyak. Aplikasikan juga penyegar wajag yang dapat menurunkan level pH kulit sekaligus membersihkan secara menyeluruh kotoran dan minyak yang terlewat oleh pembersih muka biasa. (RD)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar